Tema: Tanah
Belanda terkenal sebagai sebuah negara yang letak tanahnya lebih rendah dari air. Sementara itu kondisi permukaan tanahnya cenderung datar, jarang yang berbukit- bukit. Karena permukaan tanahnya yang datar ini, Belanda pun menjadi negara yang aman dan nyaman untuk dijelajahi dengan sepeda. Belanda juga terkenal sebagai sebuah negara yang orang- orangnya inovatif. Jadi tak perlu heran bila inovasi orang Belanda pun turut memperbarui sistem bersepeda di negara yang terkenal dengan warna kebangsaan oranye ini. Salah satu inovasi yang digagas Belanda adalah membuat sebuah negara yang ramah bagi pesepeda dengan menyediakan sistem transportasi yang terstruktur untuk sepeda. Jalur sepeda yang dibangun sepanjang 20 ribu kilometer disertai dengan rambu- rambu jalan khusus pesepeda semakin mengukuhkan Belanda sebagai negara pelopor bicycling trend di dunia.
Belanda terkenal sebagai sebuah negara yang letak tanahnya lebih rendah dari air. Sementara itu kondisi permukaan tanahnya cenderung datar, jarang yang berbukit- bukit. Karena permukaan tanahnya yang datar ini, Belanda pun menjadi negara yang aman dan nyaman untuk dijelajahi dengan sepeda. Belanda juga terkenal sebagai sebuah negara yang orang- orangnya inovatif. Jadi tak perlu heran bila inovasi orang Belanda pun turut memperbarui sistem bersepeda di negara yang terkenal dengan warna kebangsaan oranye ini. Salah satu inovasi yang digagas Belanda adalah membuat sebuah negara yang ramah bagi pesepeda dengan menyediakan sistem transportasi yang terstruktur untuk sepeda. Jalur sepeda yang dibangun sepanjang 20 ribu kilometer disertai dengan rambu- rambu jalan khusus pesepeda semakin mengukuhkan Belanda sebagai negara pelopor bicycling trend di dunia.
Awalnya bersepeda menjadi gaya hidup di Belanda sejak tahun
1970an, tepatnya sejak diberlakukan jalur- jalur khusus pesepeda oleh
pemerintah Belanda. Lebih jauh lagi, sebelum masa Perang Dunia II, kegiatan
bersepeda di Belanda sudah mulai lazim dilakukan untuk bepergian meski dengan
kondisi jalan yang belum ramah sepeda. Setelah Perang Dunia II, popularitas
sepeda sempat menurun seiring dengan kondisi jalan yang berubah. Barulah pada
tahun 1975, setelah Belanda mengalami puncak kemakmuran negaranya,
diterapkanlah sebuah peraturan untuk mengurangi populasi mobil dengan sistem car free day. Di car free day ini dinilai turut mengubah perilaku bepergian dengan
mobil serta terbukti mengurangi emisi polutan dari kendaraan bermotor di
Belanda.
Rambu- rambu khusus pesepeda di Belanda. Rambu ini juga menujukkan arah dan jarak ke kota terdekat (gambar dari sini) |
Di satu sisi, tentu ada gaya hidup yang total berubah bagi
masyarakat Belanda kala itu karena kehidupan mereka yang makmur harus sedikit
mengurangi ketergantungannya pada mobil dan diwajibkan untuk menghemat energi
alam. Di sisi lain, dibangunlah jalur- jalur sepeda dan dibuatlah peraturan
tetap untuk menggiatkan kembali bersepeda. Jalur sepeda yang pertama di Belanda
dibangun di Tilburg dan The Hague.
Orang Belanda dan sepeda adalah dua hal yang tak terpisahkan.
Belanda juga punya reputasi yang baik soal bersepeda dan memiliki jumlah
pesepeda terbanyak di dunia, dengan jumlah sepeda yang diprediksi melebihi jumlah
populasi orang Belanda. Jalur khusus sepeda dan semua unsur transportasi yang
menunjang kegiatan bersepeda ini bahkan dibuat senyaman dan seaman mungkin bagi
para pesepeda dan ada di hampir seluruh jalan di Belanda.
Deretan sepeda- sepeda di tempat parkir khusus sepeda. (gambar dari sini) |
The Dutch are born on their bikes! Bersepeda
merupakan salah satu kegiatan favorit orang Belanda. Bagi mereka, sepeda tak
hanya sekedar alat transportasi tapi juga merupakan bagian dari hidup mereka.
Belanda punya kultur bersepeda yang populer, sebanyak 27 persen masyarakat
Belanda terbiasa menggunakan sepeda sebagai alat transportasi mereka. Jumlah
tersebut merupakan angka yang terbesar dibandingkan dengan negara- negara
lainnya.
Beberapa negara, seperti
Amerika Serikat bahkan meminta saran saat akan membuat regulasi di negara
mereka sendiri dan menerapkan sistem jalan bersepeda seperti di Belanda. Bagi
orang Belanda, dengan bersepeda maka setidaknya mereka telah turut
berkontribusi dalam kebersihan, bergaya hidup sehat, dan menjadikan sistem
transportasi lebih efisien.
Menjelajah dari satu tempat
ke tempat lainnya di Belanda amatlah menarik untuk dikunjungi dengan bersepeda.
Iklim Belanda yang cukup sejuk khas negara maritime turut menunjang wisata
dengan sepeda. Di beberapa sudut kota Belanda, seperti di Amsterdam, anda akan
menemukan banyak rental sepeda. Menikmati keindahan kota- kota besar di Belanda
akan terasa menyenangkan dengan bersepeda. Biasanya rental sepeda akan selalu
ada di pusat- pusat kota Belanda.
Jalur merah merupakan jalur bagi khusus bagi pengendara sepeda. (gambar dari sini) |
Jangan khawatir tersesat jika anda berwisata dengan sepeda di
Belanda. Rambu- rambu di jalur sepeda selalu menuntun anda, bahkan anda bisa
bersepeda hingga ke kota- kota terdekat lainnya. Tanda lalu lintas bagi
pesepeda di Belanda juga dirancang dengan rambu lalu lintas dan jalur berwarna
merah dengan tulisan putih sehingga mudah dikenali oleh masyarakat maupun turis
yang hendak bersepeda.
So, let’s ride the bike!
ditulis oleh: Hanna Suryadika
Referensi:
http://en.nederlandfietsland.nl/en/cycling-in-the-netherlands
http://en.wikipedia.org/wiki/Cycling_in_the_Netherlands
https://bicycledutch.wordpress.com/2011/10/20/how-the-dutch-got-their-cycling-infrastructure/
http://www.holland.com/global/tourism/article/bikes-and-public-transportation.htm
http://www.holland.com/global/tourism/article/holland-by-bike.htm
http://www.fietsberaad.nl/library/repository/bestanden/CyclingintheNetherlands2009.pdf
http://www.holland.com/global/tourism/article/bikes-and-public-transportation.htm
http://www.holland.com/global/tourism/article/holland-by-bike.htm
http://www.fietsberaad.nl/library/repository/bestanden/CyclingintheNetherlands2009.pdf
0 comments